Minggu, 25 Desember 2016

askep Arthritis

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Septik arthritis adalah suatu penyakit radang sendi yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Infeksi primer disebabkan oleh inokulasi langsung akibat trauma termasuk pembedahan. Infeksi sekunder akibat penyebaran secara hematogen atau perluasan dari osteomielitis.
Septik arthritis memiliki karakteristik hanya melibatkan satu bagian sendi. Septik arthritis dapat mengenai berbagai usia, tetapi anak-anak dan orang tua lebih mudah terkena, terutama jika mereka sudah mempunyai kelainan pada sendi seperti riwayat trauma atau kondisi seperti hemofilia, osteoarthritis, atau rheumatoid arthritis. Pasien immunocompromise untuk beberapa alasan dan penyakit seperti diabetes mellitus, alkoholisme, sirosis, kanker, dan uremia meningkatkan resiko infeksi.
Kejadian septik arthritis tidak dipengaruhi oleh ras. Infeksi sendi mengenai 55% laki-laki dan 45% berusia lebih dari 65 tahun. Kejadian artritis septik sekitar 2-10 kasus tiap 100.000 populasi per tahun. Insiden ini meningkat seiring dengan semakin banyaknya pasien dengan gangguan sistem imun seperti rheumatoid arthritis dan sistemik lupus eritematosus dimana terdapat sekitar 30-70 kasus per 100.000 populasi.

1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Apa definisi dari sepsis arthritis ?
1.2.2        Apa etiologi dari sepsis arthritis ?
1.2.3        Apa patofisiologi dari sepsis arthritis ?
1.2.4        Apa manifestasi klinis dari sepsis arthritis ?
1.2.5        Apa pemeriksaan diagnostik dari sepsis arthritis ?
1.2.6        Apa penatalaksanaan dari sepsis arthritis ?
1.2.7        Apa komplikasi dari sepsis arthritis ?
1.2.8        Bagaimana asuhan keperawatan pada sepsis arthritis ?
  
1.3  Tujuan
1.3.1        Untuk mengetahui definisi dari sepsis arthritis.
1.3.2        Untuk mengetahui etiologi dari sepsis arthritis.
1.3.3        Untuk mengetahui patofisiologi dari sepsis arthritis.
1.3.4        Untuk mengetahui manifestasi klinis dari sepsis arthritis.
1.3.5        Untuk mengetahui pemeriksaan diagnostik pada sepsis arthritis.
1.3.6        Untuk mengetahui penatalaksanaan dari sepsis arthritis.
1.3.7        Untuk mengetahui komplikasi dari sepsis arthritis.
1.3.8        Untuk mengetahui asuhan keperawatan pada sepsis arthritis. 











BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi
Berbagai definisi sepsis telah diajukan, namun definisi yang saat ini digunakan di klinik adalah definisi yang ditetapkan dalam consensus American College of Chest Physician dan Society of Critical Care Medicine pada tahun 1992 yang mendefinisikan sepsis, sindroma respon inflamasi sistemik (systemic inflammatory response syndrome / SIRS), sepsis berat, dan syok/renjatan septik (Chen et.al,2009). Arthritis atau radang sendi merupakan istilah dari reumatik artikuler (mengenai sendi), dikenal dalam berbagai bentuk, diantaranya yang paling umum yaitu Arthritis Reumatiod, Osteoarthritis, dan Gout (arthritis pirai).
Arthritis septic adalah sendi yang mengalami infeksi akibat penyebaran dari infeksi ditempat tubuh lain (penyebaran hematogenesus) atau secara langsung akibat trauma atau intervensi bedah. Septik arthritis merupakan hasil dari invasi bakteri di celah sendi, di mana penyebaran terjadi secara hematogen, inokulasi langsung akibat trauma maupun pembedahan, atau penyebaran dari osteomileitis atau selulitis yang berdekatan dengan celah sendi.
Artritis Septik (AS) merupakan salah satu penyakit yang merupakan kegawatdaruratan di bidang rematologi terutama bila kuman penyebabnya  bakteri yang dihubungkan dengan kesakitan dan kematian yang signifikan. Keterlambatan dan terapi yang tidak adekuat terhadap SA dapat mengakibatkan kerusakan kartilago hyalin artikular dan kehilangan fungsi sendi yang ireversibel. Diagnosis awal yang diikuti dengan terapi yang tepat dapat menghindari terjadinya kerusakan dan kecacatan sendi ( Fitraneti, 2011).
Jadi dapat disimpulkan sepsis arthritis adalah suatu penyakit yang menyerang sendi, dimana terjadi infeksi pada sendi dimana penyebaran infeksinya bersifat hematogenesus atau secara langsung.
2.2 Etiologi
Penyebab dari arthritis tergantung pada bentuk dari arthritis. Penyebab-penyebab termasuk:
a.       luka (menjurus pada osteoarthritis),
b.      kelainan-kelainan metabolisme (seperti gout dan pseudogout),
c.       faktor-faktor keturunan,
d.      infeksi dapat berasal dari bakteri (Staphylococcus aureus dan Haemophilus influenza, E. coli dan Pseudomonas spp, Neisseria gonorrhoeae, Salmonella spp, Mycobacterium tuberculosis dan spirochete bacterium), virus (hepatitis A, B, dan C, parvovirus B19, herpes viruses, HIV (AIDS virus), HTLV-1, adenovirus, coxsackie viruses, mumps, dan ebola), jamur (histoplasma, coccidiomyces, dan blastomyces)
e.       sebab-sebab yang tidak jelas (seperti rheumatoid arthritis dan systemic lupus erythematosus).
2.3 Patofisiologi
Penyakit ini pada umumnya mengenai lebih dari satu vertebra. Infeksi berawal dari bagian sentral, bagian depan atau daerah epifisial korpus vertebra. Kemudian terjadi hiperemi dan eksudasi yang menyebabkan osteoporosis dan perlunakan korpus. Selanjutnya terjadi kerusakan pada korteks epifisis, diskus intervertebralis, dan vertebra sekitarnya. Kerusakan pada bagian depan korpus ini akan menyebabkan terjadinya kifosis.
Kemudian eksudat ( yang terdiri atas serum, leukosit, kaseosa, tulang yang fibrosis serta basil tuberkulosa ) menyebar ke depan, di bawah ligamentum longitudinal anterior. Eksudat ini dapat menembus ligamentum dan berekspansi ke berbagai arah di sepanjang garis ligamen yang lemah.
Pada daerah servikal, eksudat terkumpul di belakang fasia paravertebralis dan menyebar ke lateral di belakang muskulus sternokleidomastoideus. Eksudat dapat mengalami protrusi ke depan dan menonjol ke dalam faring yang dikenal sebagai abses faringeal. Abses dapat berjalan ke mediastinum mengisi tempat trakea, esofagus, atau kavum pleura.
Abses pada vertebra thorakalis biasanya tetap tinggal pada daerah thoraks setempat menempati daerah paravertebral, berbentuk massa yang menonjol dan fusiform. Abses pada daerah ini dapat menekan medula spinalis sehingga timbul paraplegia. Abses pada daerah lumbal dapat menyebar masuk mengikuti muskulus psoas dan muncul di bawah ligamentum inguinal pada bagian medial paha. Eksudat juga dapat menyebar ke daerah krista iliaka dan mungkin dapat mengikuti pembuluh darah femoralis pada trigonum skarpei atau regio glutea.
Kumar membagi perjalanan penyakit ini dalam 5 stadium, yaitu :
1.      Stadium Implantasi
Setelah bakteri berada dalam tulang, maka bila daya tahan tubuh penderita menurun, bakteri akan berduplikasi membentuk koloni yang berlangsung selama 6 – 8 minggu. Keadaan ini umumnya terjadi pada daerah paradiskus dan pada anak – anak umumnya pada daerah sentral vertebra.
2.      Stadium Destruksi Awal
Setelah stadium implantasi, selanjutnya terjadi destruksi korpus vertebra serta penyempitan yang ringan pada diskus. Proses ini berlangsung selama 3 – 6 minggu.
3.      Stadium Destruksi Lanjut
Pada stadium ini terjadi destruksi yang masif, kolaps vertebra dan terbentuk massa kaseosa serta pus yang berbentuk cold abses ( abses dingin ), yang terjadi 2 – 3 bulan setelah stadium destruksi awal. Selanjutnya dapat terbentuk sekuestrum serta kerusakan diskus intervertebralis. Pada saat ini terbentuk tulang baji terutama di sebelah depan ( wedging anterior ) akibat kerusakan korpus vertebra, yang menyebabkan terjadinya kifosis atau gibus.
4.      Stadium gangguan neurologis
Gangguan neurologis tidak berkaitan dengan beratnya kifosis yang terjadi, tetapi terutama ditentukan oleh tekanan abses ke kanalis spinalis. gangguan ini ditemukan 10% dari seluruh komplikasi spondilitis tuberkulosa. Vertebra thorakalis mempunyai kanalis spinalis yang lebih kecil sehingga gangguan neurologis lebih mudah terjadi pada daerah ini.Bila terjadi gangguan neurologis, maka perlu dicatat derajat kerusakan paraplegia, yaitu :
Derajat I :   Kelemahan pada anggota gerak bawah terjadi setelah melakukan aktifitas atau setelah berjalan jauh. Pada tahap ini belum terjadi gangguan saraf sensoris.
Derajat II : Terdapat kelemahan pada anggota gerak bawah tapi penderita masih
  dapat melakukan pekerjaannya.
Derajat III: Terdapat kelemahan pada anggota gerak bawah yang membatasi
   gerak/aktivitas penderita serta hipestesi/anestesia
Derajat IV:Terjadi gangguan saraf sensoris dan motoris disertai gangguan defekasi dan miksi. Tuberkulosis paraplegia atau Pott paraplegia dapat terjadi secara dini atau lambat tergantung dari keadaan penyakitnya.
5.      Stadium deformitas residual
Stadium ini terjadi kurang lebih 3 – 5 tahun setelah timbulnya stadium implantasi. Kifosis atau gibus bersifat permanen oleh karena kerusakan vertebra yang masif di sebelah depan.


2.4 Manifestasi Klinis
Pasien dengan Artrits Septic Akut di tandai dengan adalah nyeri sendi hebat, bengkak sendi, kaku dan gangguan fungsi sendi, demam dan kelemahan umum (Sudoyo,dkk.2009). Gejala-gejala dari septic arthritis termasuk demam, kedinginan, begitu juga nyeri, pembengkakan, kemerahan, kekakuan, dan kehangatan sendi.
Sendi-sendi yang paling umum dilibatkan adalah sendi-sendi besar, seperti lutut-lutut, pergelangan-pergelangan kaki, pinggul-pinggul, dan siku-siku tangan. Pada orang-orang dengan faktor-faktor risiko untuk infeksi sendi, sendi-sendi yang tidak umum dapat terinfeksi, termasuk sendi dimana collar bone (clavicle) bertemu tulang dada (sternum). Dengan mikroba-mikroba yang tidak umum, seperti Brucella spp., sendi-sendi yang tidak lazim dapat terinfeksi, seperti sendi-sendi sacroiliac.
2.5 Pemeriksaan Diagnostik
1.      Foto rontgen
Misalnya pada tuberculosis tulang belakang akan dijumpai hilangnya sudut anterior superior atau inferior dari badan vertebra dan hilangnya rongga antar vertebra.
2.      Tes darah
Tes darah terhadap titer anti- stafilococus dan anti – streptolisisn hemolisin, tifoid, paratifoid, dan bruselosis dapat membantu penegakan diagnosis pada kasus sulit dan pada pusat-pusat dengan pusat yang memadai. Leukosit kadang meningkat sampai 50.000/mm3 (nilai normal : 4.000-10.000/mm3). Pada pemeriksaan darah akan didapatkan laju endap darah yang meningkat. Pengecatan gram dan kultur juga merupakan pemeriksaan yang penting. Pada pewarnaan gram biasanya dapat diberikan antibiotik pertama sambil menunggu hasil sensitivitas kultur.


3.      Biopsi jarum
Juga dapat bermanfaat pada kasus sulit, namun membutuhkan pengalaman serta pemeriksaan histology yang baik.
4.      Pemeriksaan MRI
Pemeriksaan ini terutama untuk melihat jaringan lunak yaitu diskus intervertebralis dan ligamentum flavum serta lesi dalam sum-sum tulang belakang.
5.      Pemeriksaan CT Scan
Pemeriksaan CT Scan dengan mielografi. Pemeriksaan mielografi dilakukan bila terdapat gejala-gejala penekanan sum-sum tulang belakang.
6.      Analisa cairan sendi
Pemeriksaan cairan sendi merupakan pemeriksaan yang rumit. Ketika gejala klinis telah tampak, maka pada cairan sendi akan tampak keruh atau purulen.
7.      USG
Digunakan untuk mendeteksi cairan sendi yang terletak lebih dalam. Gambaran khas dari septik arthritis pada pemeriksaan USG berupa non-echo-free effusion yang berasal dari bekuan darah. USG dapat digunakan sebagai panduan dalam melakukan aspirasi dan drainase serta untuk memonitor status kompartmen intrartikuler, kapsul sendi, tidak mahal, dan mudah digunakan, tetapi pemeriksaan ini sangat tergantung dari operator yang mengerjakannya.
2.6 Penatalsanaan
Prinsip penatalaksanaan pada septik arthritis akut:
1.    Drainase sendi harus adekuat
2.    Antibiotik harus diberikan untuk mengurangi efek sistemik dari sepsis
3.    Sendi harus diistirahatkan dalam posisi stabil


A. Terapi Umum
Analgetik dan dan pembidaian dari sendi yang terkena pada posisi maksimal dan senyaman mungkin untuk mengurangi nyeri. Adanya fokus infeksi dan kondisi medis harus diindetifikasi dan diterapi sesuai penyakit yang ditemukan. Penggantian cairan dan kecukupan nutrisi mungkin diperlukan.
B. Terapi Khusus
Terapi definitif yang diperlukan berupa drainase dari pus yang terdapat di sendi dan memberikan terapi antibiotik yang efektif. Teknik dari drainase tergantung dari sendi yang terkena, stadium infeksi, dan respon dari pasien. Walaupun sendi yang terinfeksi dapat didrainase dengan hasil yang memuaskan melalui aspirasi berulang, namun pada sendi panggul dan mungkin sendi yang lain yang sulit dilakukan drainase maka harus dilakukan artrotomi sesegera mungkin setelah teridentifikasi dari septik atritritis. Indikasi lain dari drainase dengan teknik pembedahan adalah septik arthritis dimana pusnya terlokalisir, gagal dalam terapi nonoperatif, infeksi yang telah berlangsung lama, dan infeksi sendi pasca pembedahan atau luka penetrasi.
Antibiotik parenteral diindikasikan untuk septik arthritis. Jika kuman tidak tampak pada pewarnaan gram dan sebelumnya pasien adalah seorang dewasa sehat, maka diagnosa kerjanya adalah arthritis gonokokus, dan penisilin dapat menjadi pilihan terapi. Anak-anak di bawah 4 tahun mempunyai insiden yang signifikan terhadap arthritis akibat H. influenza. Pada orang dewasa, dimana pada pewarnaan gram ditemukan bakteri gram negatif, maka pilihan terapinya adalah sefalosporin atau penisilin beta laktamase dan aminoglikosida. Infeksi yang disebabkan oleh H.influenza, Streptococcus, Neisseria, memiliki respon terapi yang baik dan lebih cepat, sehingga pemberiannya dapat dipersingkat (< 2 minggu). Sedangkan, pada infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus dan bakteri basili gram negatif, respon terapi lebih lambat sehingga membutukan waktu yang lebih panjang yaitu sekitar 4-6 minggu. Pada infeksi sendi panggul dan bahu, pasien immunocompromise, pasien dengan respon terapi jelek akan membutuhkan pengobatan yang lebih lama pula.
Ketika kuman telah teridentifikasi dari hasil kultur, maka pilihan antibiotik harus sesuai dengan hasil yang telah ditemukan. Hasil kultur dan respon klinis sesudah itu digunakan untuk memastikan regimen antibiotik. Antibiotik parenteral diteruskan dengan dosis tinggi sampai inflamasi mereda secara signifikan. Tambahan antibiotik oral selama 3-4 minggu biasanya diperlukan setelah pemberian antibiotik parenteral. (1) Sebagian klinisi menyatakan bahwa pemberian antibiotik parenteal harus diteruskan setidaknya sampai suhu dan kadar CRP mencapai nilai mormal dengan terapi maintenance 4-6 minggu.(4) Injeksi penisilin G 10 juta unit per 24 jam diberikan pada arthritis gonokokus dan diteruskan sampai perbaikan klinis dicapai secara signifikan. Saat tanda lokal teratasi, antibiotik dapat diubah ke ampisilin oral, 4 kali 500 mg per hari selama 7 hari.

2.7 Komplikasi
Komplikasi terdiri dari destruksi sendi, osteomielitis, dan penyebaran ke tempat lain baik secara langsung ataupun secara hematogen. Semakin cepat diagnosis dan diterapi dilaksanakan, maka kemungkinan terjadinya komplikasi akan semakin kecil. Komplikasi yang dapat ditimbulkan termasuk kerusakan sendi berupa osteoarthritis. Pada anak-anak, keterlibatan dari growth plates dapat meningkatkan progresifitas dari deformitas dan pemendekan dari segment yang terkena. Selain itu, komplikasi lain seperti dislokasi sendi, epifisiolisis, ankilosis, dan osteomielitis.
Dapat menimbulkan perubahan pada jaringan lain seperti adanya proses granulasi di bawah kulit yang disebut subcutan nodule, pada otot dapat terjadi myosis ( proses granulasi jaringan otot) , pada pembuluh darah terjadi tromboemboli, dan terjadi spenomegali. Komplikasi lanjutnya adalah penyakit degeneratif pada sendi, dislokasi permanen dan fibrous ankylosis.
2.8 Asuhan Keperawatan
1. Anamesis
1)   Identitas klien meliputi nama, usia, jenis kelamin, pendidikan, alamat, pekerjaan, agama, suku bangsa, tanggal dan jam MRS, no.regist, asuransi kesehatan, dan diagnostik medis.
2)   Keluhan utama yang sering menjadi alasan klien meminta pertolongan kesehatan adalah paraparesis, gejala paraplegia, keluhan gangguan pergerakan tulang belakang, dan adanya nyeri tulang belakang. Untuk memperoleh pengkajian yang lengkap tentang nyeri klien, perawata dapat menggunakan metode PQRST.
Provoking Insident : hal yang menjadi factor presipitasi nyeri adalah adanya peradangan pada tulang belakang.
Quality Ofpain : Nyeri yang dirasakan klien bersikap menusuk. Nyeri sering disertai dengan adanya parestesia. Factor yang mengurangi nyeri dikaji karena pada beberapa keadaan, kualitas dan kuantitas nyeri berkurang dengan manajemen nyeri keperawatan yang meliputi pengaturan posisi, relaksasi napas dalam, metode distraksi, manajemen sentuhan dengan masase ringan disekitar lokasi nyeri.
Region, Radiation, Relieft : kaji apakah nyeri dapat reda, apakah nyeri menjalar atau menyebar karena pada beberapa kasus, nyeri sering menajalar dari tulang belakang ke pinggul dan menjalar ke tungkai. Selain itu, kaji dimana nyeri terjadi, apakah nyeri terlokasi, dan sebatas apa.
Severity (Scala) Ofpaint : nyeri biasanya 1-3 pada penilaian skala nyeri 0-4
Time : berapa lama nyeri berlangsung, kapan, apakah kondisi nyeri berlangsung terus menerus atau hilang timbul.
3)      Riwayat penyakit sekarang. Keluhan yang didapat hamper sama dengan gejala tubercolosis pada umunya, yaitu badan lemah/ lesu, nafsu makan berkurang, BB menurun, suhu sedikit meningkat ( subfebril ) terutama pada malam hari, serta sakit punggung. Pada anak-anak sering disertai dengan menangis pada malam hari ( night cries ). Pada tubercolosis vertebra servikalis, dapat ditemukan nyeri didaerah belakang kepala, gangguan menelan, dan gangguan pernapasan akibat adanya abses retrofaring. Kadang kala klien dating dengan gejala abses pada daerah paravertebral, abdominal, inguinal, popliteal, atau bongkong
4)      Riwayat Penyakit Dahulu. Ada keluhan riwayat TB paru dan penggunaan obat anti tubercolosis ( OAT ). Penyakit lainnya seperti hipertensi, DM  perlu juga di kaji untuk mengindetifikasi penyulit pada penatalaksanaan dan implementasi keperawatan.
5)      Pengkajian psikososiospiritual. Perawat mengkaji mekanisme koping yang digunakan klien untuk menilai respon emosi klien terhadap penyakit yang di deritanya dan perubahan peran klien dalam keluarga dan masyarakat, serta respon atau pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam keluarga ataupun dalam masyarakat. Adanya perubahan berupa paralisis anggota gerak bawah memberikan manifestasi yang berbeda pada setiap klien yang mengalami spondilitis tuberkolosa.
2.      Pemeriksaan fisik
Setelah melakukan anamnesis yang mengarah pada keluhan klien, pemeriksaan fisik sangat berguna untuk mendukung data pengkajian anamnesis. Pemeriksaan fisik sebaiknya dilakukan persistem (B1-B6) dengan focus pemeriksaan B6 (bone) yang terarah dan dihubungkan dengan keluhan klien.
1)   Keadaan umum
Klien umumnya tidak mengalami penurunan kesadaran. Adanya perubahan tanda-tanda vital yang meliputi bradikardia dan hipertensi sering berhubungan dengan penurunan aktivitas secara umum akibat adanya hambatan dalam melakukan mobilisasi ekstermitas.

2)      Pengkajian B6
a)      B1 (Breathing)
Hasil pemeriksaan fisik sistem ini pada klien spondilitis tuberculosa dengan fase penurunan aktivitas yang parah adalah pada infeksi didapatkan bahwa klien batuk, ada peningkatan produksi sputum, sesak napas, penggunaan otot bantu napas, dan peningkatan frekuensi pernapasan. Pada palpasi, ditemukan taktil premitus seimang kanan dan kiri. Pada perkusi, ditemukan adanya resonan pada seluruh lapang paru. Pada auskultasi, didapatkan suara napas tambahan, seperti ronchi pada klien dengan peningkatan produksi secret, dan kemampuan batuk yang menurun yang sering ditemukan pada klien spondilitis tuberculosa dengan penurunan tingkat kesadaran koma. Pada klien spondilitis tuberculosa fase awal, biasanya tidak didapatkan kelainan pada sistem pernapasan.
b)      B2 (Blood )
Pada keadaaan spondilitis tuberculosa dengan komplikasi paraplegia yang lama diderita biasanya akan didapatkan adanya hipotensi ortostatik (penurunan tekanan darah sistolik ≤ 25 mmHg dan diastole ≤ 10 mmHg ketika klien bangun dari posisi beraring ke posisi duduk). Pada klien spondilitis tuberculosa tanpa paraplegia biasanya tidak didapatkan kelainan pada sistem kardiovaskuler.
c)      B3 (Brain)
Tingkat kesadaran biasanya compos mentis.
Kepala : tidak ada gangguan, yaitu normosefalik, simetris, tidak ada penonjolan, sering didapatkan adanya nyeri belakang kepala.
Leher : pada spondilitis tuberculosa yang mengenai vertebra servikalis, sering didapatkan adanya kekakuan leher sehingga mengganggu mobilisasi leher dalam melakukan rotasi, fleki, dan ekstensi kepala.
Wajah : wajah terlihat menahan sakit, tidak ada perubahan fungsi maupun bentuk. Wajah simetris, tidak ada lesi dan edema.
Mata : tidak ada gangguan, seperti konjungtiva tidak anemis.
Telinga : tes bisik atau weber masih dlam keadaan normal. Tidak ada lesi atau nyeri tekan.
Hidung : tidak ada deformitas, tidak ada pernapasan cuping hidung.
Mulut dan Faring : tidak ada pembesaran tonsil, gusi tidak terjadi perdarahan, mukosa mulut tidak pucat.
Pemeriksaan fungsi serebral. Status mental: observasi penampilan dan tingkah laku klien, biasanya status mental klien tidak menglami perubahan.
d)     B4 (Bladder)
Pada spondidlitis tuberculosa daerah torakal dan servikal, tidak ada kelainan pada sistem ini. Pada spondilitis tuberculosa daerah lumbal, sering didapatkan keluhan inkontinensia urine, ketidakmampuan mengomunikasikan kebutuhan eliminasi urine.
e)      B5 (Bowel)
Inspeksi abdomen : bentuk datar, simetris, tidak ada hernia. Palpasi : turgor baik, tidak ada kejang otot abdomen akibat adanya abses pada lumbal, hepar tidak teraba. Perkusi : suara timpani, ada pantulan gelombang cairan. Auskultasi: peristaltic usus normal ± 20x / menit. Inguinal-genitalia-anus: tidak ada hernia, tidak ada pembesaran lomfe, tidak ada kesulitan BAB. Pola nutrisi dan metabolisme: pada klien spondilitis tuberculosa, sering ditemukan penurunan nafsu makan dan gangguan menelan karena adanya stimulus nyeri menelan dari abses faring sehingga pemenuhan nutrisi menjadi berkurang.
f)       B6 (Bone)
Look. Kurvatura tulang belakang mengalami deformitas (kifosis) terutama pada spondilitis tuberculosa daerah torakal. Pada spndilitis tuberculosa daerah vertebra lumbalis, hampir tidak terlihat deformitas, tetapi terlihat adanya abses pada daerah bokong dan pinggang. Pada spondilitis tuberculossa daerah servikal, terdapat kekakuan leher.
Feel. Kaji adanya nyeri tekan pada daerah spondilitis.
Move. Terjadi kelemahan anggota gerak (paraparesis dan paraplegi) dan gangguan pergerakan tulang belakang. Pergerakan yang berkurang tidak dapat dideteksi didaerah toraks, tetapi mudah diamati pada tulang belakang ; punggung harus diperhtikan dengan teliti, sementara gerakan dicoba. Biasanya seluruh gerakan terbatas dn usaha tersebut menimbulkan spasme otot. Uji uang logam dapat menilai seorang anak yang mengalmi spasme lumbal. Bila anak mengambil uang dari lantai,ia cenderung membongkokkan pinggul dan lutut, bukan membungkukkan tulang belakang.

2. Diagnosa Keperawatan
a.         Nyeri b.d penurunan fungsi tulang
b.        Hambatan mobilitas fisik yang b.d nyeri pada daerah fragmen tulang yang berubah, luka pada jaringan lunak
c.         Hipertermi b.d proses peradangan pada sendi.

3. Intervensi
Dx 1: Nyeri b.d penurunan fungsi tulang
Tujuan: Nyeri hilang, teratasi
Kriteria Hasil : Memperlihatkan pengendalian nyeri
                        Menunjukkan tingkat nyeri berkurang
                        Melaporkan nyeri dapat dikendalikan


No.
Intervensi
Rasional

1.





2.








3.





4.






5.


Mandiri :
Kaji keluhan nyeri, catat
lokasi dan intensitas (skala 0 – 10). Catat faktor-faktor yang mempercepat dan tanda-tanda rasa sakit non verbal

Berikan matras atau kasur keras, bantal kecil. Tinggikan linen tempat tidur sesuai kebutuhan biarkan pasien mengambil posisi yang nyaman pada waktu tidur atau duduk di kursi.




Tingkatkan istirahat ditempat tidur sesuai indikasi




Dorong untuk sering mengubah posisi. Bantu pasien untuk bergerak di tempat tidur, sokong sendi yang sakit di atas dan di bawah, hindari gerakan yang menyentak


Anjurkan pasien untuk mandi air hangat atau mandi pancuran pada waktu bangun. Sediakan waslap hangat untuk mengompres sendi-sendi yang sakit beberapa kali sehari. Pantau suhu air kompres, air mandi
Berikan massase yang lembut

Kolaborasi:
Pemberian analgetik jika nyeri tidak terkontrol

Membantu dalam menentukan kebutuhan managemen nyeri dan keefektifan program



Matras yang lembut/empuk, bantal
yang besar akan mencegah pemeliharaan kesejajaran tubuh yang tepat, menempatkan setres pada sendi yang sakit. Peninggian
linen tempat tidur menurunkan tekanan pada sendi yang terinflamasi / nyeri

Pada penyakit berat, tirah baring mungkin diperlukan untuk membatasi nyeri atau cedera sendi. Mencegah terjadinya kelelahan umum dan kekakuan sendi.

Panas meningkatkan relaksasi otot dan mobilitas, menurunkan rasa sakit dan melepaskan kekakuan dipagi hari. Sensitifitas pada panas dapat dihilangkan dan luka dermal dapat disembuhkan

Meningkatkan relaksasi atau mengurangi tegangan otot.,







Untuk membantu menghilangkan nyeri


Dx 2 : Hambatan mobilitas fisik yang b.d nyeri pada daerah fragmen tulang yang berubah, luka pada jaringan lunak.
Tujuan             : Mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri
Kriteria Hasil  : Melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri
                          Berjalan dengan menggunakan langkah-langkah yang benar
                          Memperlihatkan mobilitas
No.
Intervensi
Rasioal

1.






2.





3.




4.
Mandiri :
 Kaji tingkat kemampuan ROM aktif pasien





2.  Anjurkan pasien untuk melakukan body mechanic dan ambulasi




3.  Berikan sokongan (support) pada ekstremitas yang luka



Ajarkan cara-cara yang benar dalam melakukan macam-macam mobilisasi seperti body mechanic ROM aktif, dan ambulasi

Kolaborasi:
5.  Kolaborasi dengan fisioterapi dalam penanganan traksi yang boleh digerakkan dan yang belum boleh digerakkan

1.      ROM aktif dapat membantu  dalam mempertahankan/ meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot, mempertahankan fungsi cardiorespirasi, dan mencegah kontraktur dan kekakuan sendi
2.       
Body mechanic dan ambulasi merupakan usaha koordinasi diri muskuloskeletal dan sistem saraf untuk mempertahankan keseimbangan yang tepat

3.      Memberikan sokongan pada ekstremitas yang luka dapat mingkatkan kerja vena, menurunkan edema, dan mengurangi rasa nyeri
4.       
4.     Agar pasien terhindar dari kerusakan kembali pada ekstremitas yang luka



Penanganan yang tepat dapat mempercepat waktu penyembuhan


Dx 3 : Hipertermi b.d proses peradangan pada sendi.
Tujuan          : Setelah diberikan asuhan keperawatan selam 1x24 jam, diharapkan menunjukkan suhu tubuh pasien dalam batas normal

Kriteria hasil :
-       Kulit pasien tidak kemerahan
-       Suhu tubuh dalam batas normal (36-37oC)
-       Kulit pasien tidak teraba hangat

No.
Intervensi
Rasional

1.









2.



3.






4.




5.
Mandiri:
Pantau suhu pasien (derajat dan pola); perhatikan menggigil /diaphoresis








Pantau suhu lingkungan, batasi/tambahan linen tempat tidur, sesuai indikasi

Berikan kompres hangat pada lipatan paha dan aksila, hindari penggunaan alcohol




Tingkatkan intake cairan dan nutrisi




Kolaborasi dengan pemberian
antipiretik, misalnya ASA (aspirin),
asetaminofen(Tylenol)


Suhu 38,9o - 41,1oC menunjukkan proses penyakit infeksius akut. Pola demam dapat membantu dalam diagnosis; mis, kurva demam lanjut berakhir lebih dari 24 jam menunjukkan demam remitten ( bervariasi hanya beberapa derajat pada arah tertentu. Menggigil sering mendahului puncak suhu.

Suhu ruangan/ jumlah selimut harus diubah untuk mempertahankan suhu mendekati normal.

Dapat membantu mengurangi demam.
Catatan: penggunaan air es/alcohol mungkin menyebabkan kedinginan, peningkatan suhu secara actual. Selain itu alcohol dapat mengeringkan kulit.
Adanya peningkatan metabolism menyebabkan kehilangan banyak energi. Untuk itu diperlukan peningkatan intake cairan dan nutrisi

Digunakan untuk mengurangi demam dengan aksi sentral nya pada hipotalamus, meskipun demam mungkin dapat berguna dalam membatasi pertumbuhan organisme
dan meningkatkan autodestruksi dari sel-sel yang terinfeksi.
















BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
     Sepsis arthritis adalah suatu penyakit yang menyerang sendi, dimana terjadi infeksi pada sendi dimana penyebaran infeksinya bersifat hematogenesus atau secara langsung. Biasanya disebabkan oleh infeksi dari bakteri (Staphylococcus aureus dan Haemophilus influenza, E. coli dan Pseudomonas spp, Neisseria gonorrhoeae, Salmonella spp, Mycobacterium tuberculosis dan spirochete bacterium), virus (hepatitis A, B, dan C, parvovirus B19, herpes viruses, HIV (AIDS virus), HTLV-1, adenovirus, coxsackie viruses, mumps, dan ebola), jamur (histoplasma, coccidiomyces, dan blastomyces). Pasien dengan Artrits Septic Akut di tandai dengan adalah nyeri sendi hebat, bengkak sendi, kaku dan gangguan fungsi sendi, demam dan kelemahan umum.










DAFTAR PUSTAKA
Doherty, Gerard M. Septic Arthritis, In: Current Surgical Diagnosis and Treatment 12th Edition. New York: McGraw-Hill. 2003. pp 1199-1200
Canale, S Terry, James H Beaty. Infection arthritis, In: Campbell;s Operative Orthopaedics Volume One 11th Edition. Philadelphia: Mosby Elsevier. 2008. pp 723-728
Luqmani, Raashid, James Robb, Daniel Porter, et al. Acute Septic Artritis, In: Textbook of Orthopaedics, Trauma and Rheumatology. Philadelphia: Mosby Elsevier. pp 89-90
Sudoyo,aru W.,dkk.(2009).Ilmu Penyakit Dalam.Jakarta:Internal Publishing
Muttaqin, Arif. (2008). Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Sistem Muskuloskeletal. Jakarta : EGC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar